sholawat

sholawat

Minggu, 05 Maret 2017

Benda yang bisa dipakai bersuci
Bersuci adalah segala sesuatu yang kita lakukan untuk menghilangkan hadas besar, sedang, maupun kecil. Dalam islam cara bersuci ada beberapa macam, diantaranya wudhu, mandi wajib, besiwak, istinjak, dan tayamum. Namun sebelum membahas tentang cara bersuci tersebut, sebaiknya kita mengetahui apasaja yang digunakan untuk bersuci. Sesuatu yang digunakan untuk bersuci adalah air, debu (Tayyamum), batu. Berikut penjelasan tentang air, debu (Tayyamum), dan batu.
1.        Air (ءالما)
Dalam bersuci, air adalah sesuatu yang sangat penting. Karena air merupakan sesuatu yang dapat membersihkan secara sempurna. Dalam hal ini, menurut islam ada beberapa macam air yang dapat digunakan untuk bersuci dari hadas besar, sedang, maupun kecil. Diantaranya yaitu,
a.       Air yang digunakan untuk bersuci yang ditinjau dari segi sumbernya :
-          Air hujan (langit)
-          Air laut
-          Air sumur
-          Air sumber (mata air)
-          Air sungai
-          Air salju
-          Air dingin
b.      Air yang digunakan untuk bersuci yang ditinjau dari segi hukumnya :
-          Air suci dan mensucikan
-          Air makruh, yaitu air panas
-          Air suci tapi tidak mensucikan, yaitu air musta’mal dan air yang tercampur dengan sesuatu yang suci.
-          Air najis, yaitu air yang kurang dari 2 qulah dan terkena najis dan air  yang lebih dari 2 qulah yang terkena najis dan berubah warna, bau, dan rasanya.

2.        Debu (Tayyamum)
Bersuci menggunakan debu biasanya dilakukan dalam bertayyamum. Karena bertayyamum dilakukan ketika dalam keadaan yang mendesak, seperti tidak ada air, kalaupun ada air namun tidak cukup untuk melakukan wudhu, kemudian bagi orang yang memiliki penyakit yang tidak boleh menyentuh air.

3.        Batu

Batu biasanya digunakan untuk istinjak. Dalam istinjak diutamakan menggunakan air, namun juga diperbolehkan menggunakan batu karena mendesak. Batu yang digunakan adalah batu yag bisa membersihkan najis secara langsung, seperti batu yang benar-benar keras dan tidak mudah lapuk atau rapuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar